Tumpak Sewu, Wisata Air Terjun Terindah Di Jawa Timur

Wisata Tumpak Sewu | Pernah mendengar tentang air terjun Tumpak Sewu? Artikel berikut ini akan membahas tentang wisata Alam Tumpak Sewu.

Wisata Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu

Tumpak Sewu memiliki arti air terjun yang bertumpuk-tumpuk hingga seribu. Penyebutan tersebut dikaitkan dengan Tumpak Sewu yang memiliki aliran air dari berbagai sisi sehingga gabungan air tersebut menyerupai seperti tirai yang menakjubkan. Coban Sewu atau Tumpak Sewu ini letaknya berdekatan dengan destinasi wisata Goa Tetes.

Tumpak Sewu merupakan objek wisata air terjun yang terkenal di wisatawan lokal. Air terjun ini menjadi salah satu yang terindah dari wisata air terjun yang ada di wilayah Jawa Timur. Letak Tumpak Sewu berada di perbatasan antara Kabupaten Lumajang  dan Kabupaten Malang. Wisata tersebut berjarak sekitar 66 km dari Kota Malang, dan berjarak sekitar 47 km arah selatan dari pusat Kota Lumajang. Untuk menuju lokasi, ada 2 pintu masuk yang bisa pilih, yaitu bisa mengambil rute dari arah Lumajang atau dari arah Malang.

Keindahan Panorama Air Terjun

Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter yang dikelilingi oleh tebing-tebing curam dengan panorama yang mengesankan. Tentu saja karena keindahan pemandangannya, Tumpak Sewu menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan lokal. Banyak sekali spot-spot foto yang memesona dan instagramable. Panorama alam yang menakjubkan tersebut sangat cocok sebagai latar foto alam, foto selfie, dan foto bersama keluarga.

Namun, rute menuju air terjun tidaklah mulus. Pengunjung harus menuruni medan dengan meniti tebing menggunakan tangga bambu yang dialiri oleh air. Kontur tanah juga dipenuhi bebatuan basah yang bisa menyebabkan wisatawan terpeleset. Oleh karena itu, mengunjungi Tumpak Sewu harus dengan persiapan yang matang. Pengunjung harus menyiapkan stamina dan fisik yang sehat untuk menyusuri medan ke area titik air terjun yang cukup jauh. Selain itu, pengunjung disarankan menggunakan outif yang nyaman dan aman seperti pakaian yang bisa melindungi dari udara dingin dan menggunakan sandal gunung. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan saat menuju obyek wisata.

Tidak hanya menikmati pemandangan air terjun saja, area wisata Tumpak Sewu juga memiliki area camping yang bisa menjadi pilihan berlibur dengan keluarga dan orang terdekat. Selain itu, fasilitas yang ada di area wisata, meliputi; pusat informasi dan retribusi, pusta logistik, warung makan, WC umum, Mushola, dan area parkir kendaraan yang cukup luas.

Baca Juga : Sewa Jeep Bromo Untuk Liburan Yang Menyenangkan

Tertarik Mengunjungi Tumpak Sewu?

Tumpak Sewu dapat dikunjungi setiap hari, mulai dari pagi hingga sore. Tiket masuk untuk menikmati keindahan air terjun pun sangat terjangkau. Dengan merogoh kecek 10 ribu saja, wisatawan lokal  dapat masuk dalam area wisata Tumpak Sewu. Khusus untuk wisatawan mancanegara, harga tiket masuk yaitu 20 ribu.

Bagi penggemar wisata alam, Tumpak Sewu adalah salah satu wisata air terjun yang wajib dikunjungi di Indonesia. Selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga dapat melakukan aktivitas seperti trekking, camping, dan fotografi di sekitar area air terjun.

Jika kamu ingin mengikuti paket trip wisata tumpak sewu yang menyenangkan dan tidak ribet, kamu bisa menghubungi pesonasahabat.com.

  • Post category:Artikel

Pesona Sahabat

Agen tours & travel professional dengan pelayanan prima dan harga termurah yang memberikan layanan wisata di Jawa Timur.